Senin, 07 Mei 2012

Assalamualaikum.. Alhamdulillah, jika kemarin saya lebih sering posting tentang pengtahuan, kali ini saya mencoba untuk men'share sedikit mengenai game. Berikut ini adalah sedikit tips dalam bermain game Harvest Moon Save the Homeland, khususnya untuk mendapatkan hewan. Bagi anda yang memiliki hobi bermain game apalagi game PS2, mungkin sudah tidak asing dengan game yang satu ini. Nah.. untuk memudahkan anda saat bermain game, alangkah baiknya jika anda mengetahui sedikit trik atau cheat dari game tersebut. Ok, langsung saja..



Mengurus hewan ternak merupakan fitur utama dalam semua seri Harvest Moon selain bercocok tanam. Dalam seri ini ada 4 jenis hewan yang dapat kita pelihara yaitu anjing, ayam, kuda, dan sapi. Kita dapat memperoleh hewan tersebut dengan cara membelinya di Farmer's Store. Akan tetapi anjing dan kuda merupakan sebuah pengecualian. Setiap binatang membutuhkan perlakuan serta hasil yang berbeda. Kita dapat memanggil kuda dan anjing dengan cara bersiul. Berikut adalah daftar para binatang yang dapat kita pelihara :


1. Anjing

Yang perlu dilakukan adalah mencari anjing, di game ini ada dua jenis anjing, dapat dibedakan dengan cara melihat syal pada leher si anjing, yang satu memakai syal merah dan yang satunya lagi mengenakan syal berwarna biru. Untuk mendapatkan salah satu dari kedua anjing tadi caranya dengan mengejar anjing tersebut sampai ke dinding dan tidak dapat pergi. Ambil dan dia akan bertanya apakah kita ingin menyimpan dia. Lalu katakan Ya atau Yes dan anjing itu menjadi milik kita.

Tingkat hubungan kita dengan anjing tersebut dapat dilihat sebagai icon hati di menu STATUS.Berikut adalah daftar rinciannya :

1 Hati : "He is starting to like me."
2 Hati : "He comes to me when I whistle."
3 Hati : "I think he's starting o run faster now."
4 Hati : "He is getting faster and listens to what I say."
5 Hati : "A man's best friend.He is my buddy."


Anjing jika dilatih selain dapat menjadi teman yang menyenangkan juga dapat menjadi rekan kerja yang baik.Akan tetapi minimal hubungan kita dengannya harus 4 hati sebelum dapat dilatih menggunakan seruling (flute).Seruling dapat diperoleh sebagai hadiah dari Louis setelah berteman akrab dengannya.Anjing akan melakukan aktifitas sesuai kode irama seruling yang diterimanya.Akan tetapi membutuhkan banyak latihan sebelum ia lancar dan merespon perintah dengan baik.Berikut adalah daftar kode irama seruling beserta perintahnya :

Mengangkat kaki depan : atas, bawah, bawah
Duduk : atas, kiri, bawah
Berdiri : bawah, atas, atas
Menggiring sapi ke kandang : kanan, kiri, kanan
Berputar : kiri, kanan, kanan
Melompat : kiri, atas, kanan
Menggonggong : kiri, kanan, kiri, kanan

2. Sapi

Sapi merupakan suatu aset yang besar karena dapat membantu kita menghasilkan banyak uang. Akan tetapi modal untuk membeli seekor sapi sangat mahal jadi kita tidak dapat langsung membelinya ketika baru memulai permainan. Sapi dapat dibeli di Farmer's Store.

Sebelum membeli sapi, pastikan kita sudah mempunyai banyak makanan hewan (mendapatkan ini dengan cara memangkas rumput di bidang Anda). Pastikan untuk memiliki Obat untuk Hewan juga. Tentunya kita tidak ingin investasi besar ini sia-sia karena sapi yang kita miliki mendadak sakit atau mati. Tundalah keinginan untuk memiliki sapi sampai anak anjing mampu menggiring mereka. Jika kita memiliki sapi beberapa dan tidak ada anjing dengan keterampilan menggiring, maka kita akan kerepotan saat memasukan atau mengeluarkan mereka dari kandang Jika kita belum memiliki anjing, maka cukup beri makan sapi-sapi dari dalam kandang saja.

Begitu sapi yang kita miliki tumbuh Besar, sangat baik untuk meninggalkannya di luar selama dua hari dan kita akan mendapatkan Gold Milk, (Catatan: Ini mungkin tidak bekerja pada upaya pertama). Jika kita meninggalkan sapi di luar, maka sapi-sapi tidak harus diberi makan dan ini dapat menghemat pengeluaran.

Sapi akan lebih banyak menghasilkan susu pada musim dingin.Pada saat itu, sapi dapat diperah 2 kali sehari. Selain itu kita juga dapat membuat sapi kita hamil dengan bantuan miracle potion yang dapat dibeli di Farmer's Store. Akan tetapi harganya cukup mahal. Sapi yang hamil untuk sementara tidak akan mengasilkan susu. Hubungan kita dengan sapi pun akan mempengaruhi kualitas susu yang dihasilkan. Sapi yang dipelihara dengan baik dapat menghasilkan Golden Milk.
3. Ayam
Ayam membutuhkan waktu lebih lama untuk memberikan Telur Emas. Jika kita meninggalkan ayam di luar, maka kita tidak harus memberi mereka makan. Bila cuaca cerah, kita tidak perlu memberinya makan. Kita hanya perlu mengeluarkannya dari kandang, ayam sangat senang saat mereka ditempatkan di luar kandang dan kemungkinan akan memberikan telur emas lebih cepat. Saat akan turun hujan, jangan keluarkan ayam dari kandang sebab dapat membuat mereka menjadi sakit. Biarkan mereka didalam kandang dan jangan lupa memberinya makan pada tempat yang tersedia.

Kita bisa membeli  ayam seharga 500G dari Farmer's Store milik Bob, tapi membeli telur dari Supermarket dengan harga 50G bisa jadi pilihan, cukup tempatkan telur tadi diinkubator, dan tiga hari kemudian anak ayam akan menetas. Kita hanya perlu merawatnya dengan baik sampai ayam-ayam anda tumbuh besar dan menghasikan telur. Makanan ayam dapat dibeli di Farmer's Store. Disana juga dijual obat bila ayam kita sakit. Untuk menjual ayam, Anda bisa ke Farm Brownie, atau menjual telur Anda ke Villa Cengkeh untuk menambah penghasilan Anda.
4. Kuda
Setelah melakukan kerja paruh waktu pada Bob, kadang-kadang ia tidak memberikan kuda. Jika hal ini terjadi, cobalah memberi sesuatu yang manis seperti Cake, lebih baik jika dipanggang sendiri. Kuda Anda dapat berdiri di mana saja dan tidak perlu diberi makan. Memilih kuda Anda sendiri, ketika Anda melakukan pekerjaan paruh waktu dan berbicara dengan kuda pertama setiap hari. Bob akan mengijinkan anda untuk membawa salah satu ke peternakan Anda.

Seperti anjing, kuda juga membutuhkan kedekatan yang erat dengan pemiliknya sebelum dapat ditunggangi. Dengan hubungan yang semakin akrab dengan kita, kuda akan berlari semakin kencang. Kita dapat meningkatkan hubungan kita dengannya dengan cara sering menyikati punggungnya dan brbicara padanya. Tingkat hubungan kita dengan kuda dapat kita lihat di menu STATUS. Berikut adalah rinciannya :

1 Hati : "We are getting along better."
2 Hati : "He can run now."
3 Hati : "He is running faster now."
4 Hati : "Top speed.He is like the wind."
5 Hati : "He is confident and won't lose to anyone."


Free makanan ternak
Ambilah pekerjaan paruh waktu di Brownie Farms, ketika kita memberi makan binatang dengan makanan ternak, kita dapat mengambil apa pun yang tersisa dengan meletakkan dalam tas yang kita miliki.
Nah, bagaimana? Mungkin cukup sekian dulu dari saya, semoga tulisan di atas dapat bermanfaat untuk anda yang ingin bermain game Harvest Moon Save the Homeland. Akhir kata, Wassalamualaikum...
Categories:

13 komentar:

  1. Gann Punyaa game ini gk?? Klo msalnya agan punya uploadin yahh hehe :d
    Oh iya Ditunggu Follback nya yahh gan ^_^
    http://kuya028.blogspot.com/2013/05/free-download-harvest-moon-back-to.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada sih bro, file iso ps2, emulatornya juga ada, hhe.. waduh kalo buat upload kayanya berat dah gan, ane pake sm*rtfren soalnya, :D
      siap dah gan,

      Hapus
  2. Gan terimakasih atas postinganya ya!!!

    BalasHapus
  3. kalau anjingnya mati,masih bisa punya anjing lg gak gan,klu bisa cranya gmana.?maaf newbie.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk HM:Save the Homeland kayanya anjing ngga bisa mati deh gan, menurut beberapa sumber anjing di HM versi ini bisa sakit, tapi nanti diobatin sama Bob, abis itu cuma hatinya (rasa suka) aja yg berkurang, ngga sampe mati gan, hhe.. semoga membantu dan makasih sudah mampir ^^'

      Hapus
    2. Anjingnya bisa mati kale dasar tidak tau apa2.aku masih nyelesain treasure hunt 2 kalau udah selesai misi nya udah selesai.TAMAT deh.kayak mana nih

      Hapus
    3. ia, saya sudah sempat balas komentar soal "anjing mati" dibawah, dan mohon maaf, saya juga baru tahu kalo ternyata anjingnya bisa mati => http://www.neoseeker.com/forums/1551/t361240-my-dog-died/

      untuk alur cerita saya sendiri baru menyelesaikan Endangered Weasel: Musang yang jinak, dan untuk cerita treasure hunt masih belum selesai, jadi mohon maaf belum bisa kasih keterangan lebih lanjut, untuk lebih jelasnya mungkin km bisa cek sendiri disini => http://go-trik.blogspot.co.id/2014/04/cara-menyelesaikan-misi-harvest-moon.html

      Hapus
  4. Makasih infonya ya gan :D , ditunggu kunbalnya ya ke => www.krkitaaa.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. yo, sama2 gan, makasih juga dah mampir :D
      sudah di kunjungi blognya, full kamen rider ya, hhihi..

      Hapus
  5. sama2, makasih juga ya sudah mampir.. btw memang tugasmu berkaitan sama game ps2 diatas ini ya? tentang HM:Save the Homeland? hhehe...

    BalasHapus
  6. Gan anjing ku kok mati ya? Cara dapetinnya lagi gimna? Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya sendiri belum pernah ngalamin ini sebelumnya, tp sekedar asumsi sih ya, kalo km taruh makanan di mangkok anjingnya setiap hari mungkin bakalan ada lagi anjing berkeliaran dan bisa km tangkep lagi, *ngga jamin juga
      atau coba kamu selesein 1 alur cerita dari 9 alur yang ada, nanti kan dia kaya ngulang lagi tuh storynya (sisa 8 alur cerita),
      atau kalo masih bingung km bisa baca2 disini juga nih:
      http://www.neoseeker.com/forums/1551/t361240-my-dog-died/

      mohon maaf kalo jawabannya ga seperti yg diharapkan, makasih ya sudah mampir di blog saya :D

      Hapus