Selasa, 13 Maret 2012

Assalamualaikum.. Setelah kemarin saya sempet share sedikit informasi tentang robotik, sekarang ini saya mau share mengenai limbah, mungkin sebagian dari kita udah banyak yang tau tentang limbah. mulai dari apa itu limbah, jenis-jenis limbah, bentuk-bentuk limbah dan lain sebagainya. Mungkin ga usah kelamaan, langsung aja kita mulai....


 I. Pengertian Limbah
Apa sih limbah itu? Limbah dapat di katakan sebagai zat sisa, sisa buangan, dapat berupa bahan yang tidak terpakai dan berdampak negatif jika tidak diolah dengan baik.

II. Bentuk Limbah
Berdasarkan bentuknya limbah di kelompokan menjadi beberapa kelompok, yaitu sebagai berikut:
a. Limbah Padat
Limbah padat adalah hasil buangan industri berupa padatan,lumpur, bubur yang berasal dari sisa proses pengolahan. Contohnya seperti besi/logam dan plastik.
b. Limbah Cair
Limbah cair bersumber dari pabrik yang biasanya banyak menggunakan air dalam sistem prosesnya. Di samping itu ada pula bahan baku mengandung air sehingga dalam proses pengolahannya air harus dibuang. Cairan kimia dan oli bekas adalah beberapa dari banyak contoh limbah cair.
c. Limbah Gas
Limbah gas/asap adalah limbah yang memanfaatkan udara sebagai media. Contohnya seperti gas CO, CO2, FeO dan lain sebagainya.

III. Jenis dan Karakteristik Limbah
Berdasarkan jenisnya limbah dibagi menjadi dua jenis, yaitu Limbah Industri dan Limbah Domestik.
a. Limbah Industri
Adalah Limbah yang berasal dari pabrik-yang ada di sekitar kita, dapat berupa Limbah Padat, Limbah Cair maupun Limbah Gas. Contoh dari limbah Industri seperti Hg, Pb, Cr, Cu, Zn, dan Ni. Berdasarkan karakteristiknya, limbah Industri di kelompokan menjadi beberapa kelompok, yaitu Limbah dari Industri Pertanian dan Makanan, Industri Kimia, Industri Pertambangan, Industri Metalurgi, Industri Electroplating, Industri Perkayuan dan Industri Rotan.
b. Limbah Domestik
Adalah Limbah yang berasal dari pemukiman Masyarakat, atau dapat dikatakan sebagai Sampah Rumah Tangga. Dalam garis besar, Limbah Domestik di kelompokan menjadi dua kelompok yaitu Limbah Organik dan Anorganoik. Sama halnya seperti Limbah Industri, Limbah Domestik juga dapat berupa Limbah Padat, Cair ataupun Limbah Gas. Contoh dari Limbah Domestik Organik yaitu seperti kotoran manusia dan hewan. Sedangkan untuk Limbah Domestik Anorganik bisa berupa plastik dan bahan-bahan kimia, yang diakibatkan oleh penggunaan deterjen, sampo dan penggunaan bahan kimia lainnya.
c. Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)
Limbah ini sendiri dapat berasal dari Industri maupun Rumah Tangga. Sifat dari Limbah B3 ini adalah Mudah Meledak, Mudah Terbakar, Bersifat Korosif (dapat menimbulkan karat), Teratogenik (bersifat merusak janin), Reaktif (cepat bereaksi) dan Beracun.

IV. Macam-macam Limbah
Limbah sendiri terbagi menjadi beberapa macam, diantaranya sebagai berikut:

    Limbah Komersil
    Limbah Domestik
    Limbah Industri
    Limbah Bencana Alam
    Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)


Mungkin cukup sekian dulu sari saya, kurang lebihnya saya minta maaf dan semoga apa yang saya tulis ini ada manfaatnya untuk anda sekalian, akhir kata wassalam..

referensi :antaranews.com, klipingut.wordpress.com, chem-is-try.org

Categories:

2 komentar:

  1. penjelasannya kurang lengkap min....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhehe, terimakasih atas kunjungan dan tanggapanya, tulisan diatas itu rangkuman dari apa yg saya pelajari di sekolah, jadi mohon maap kalo berantakan & banyak kurangnya, mudah2an kedepanya bisa saya perbaiki, ^_^

      Hapus