Minggu, 11 Maret 2012

Assalamualaikum.. alhamdulillah setelah beberapa lama ga' dapet bahan buat di share, akhirnya kali ini saya diberi kesempatan untuk bisa sharing lagi, yahh..meskipun mungkin udah terlambat atau udah basi, hhehhe..  maklum kurang up to date..

Di kesempatan kali ini saya mencoba untuk menuliskan sedikit informasi mengenai robotik yang saya dapat dari berbagai sumber, berawal dari liat berita di tv sampai akhirnya saya berkeinginan untuk menggali lebih dalam lagi informasi tersebut. Ok, kita akan membahas mengenai Wahana Robotik yang ada di PP IPTEK TMII. mungkin langsung saja...

Di zaman yang semakin bekembang ini, tentunya Teknologi pun ikut berkembang, sekarang ini siapa sih yang ga' tau apa itu Robot.., anak-anak kecil juga udah pada tau yah, hhehhe... Berikut ini adalah pengertian Robot. Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal bahasa Cheko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Lho kapan ngebahas Wahana Robotiknya..? hehhe.. baiklah kita lanjut ke topik pembahasan..


Gambar. Wahana Robotik PP IPTEK TMII.


Untuk memasyarakatkan dan mengadaptasi teknologi tinggi ke masyarakat, Pusat Peragaan Iptek (PP Iptek) Taman Mini Indonesia Indah (TMII) meluncurkan wahana robot. Wahana permainan berbasis robotik ini akan menampilkan robot-robot canggih.

Dalam wahana robotik ini, PP Iptek menghadirkan robot jenis Humanoid dan Bioloid yang dapat bergerak serta berinteraksi dengan manusia dan benda di sekitarnya. Kehadiran robot ini dibuat untuk kepentingan edukasi.

"Salah satu tujuan wahana ini untuk menumbuhkan minat pada  teknologi tinggi, dan membudayakan teknologi ke masyarakat, sains edukasi," kata Direktur PP Iptek TMII, Sukro Muhab, usai peluncuran wahana ini di TMII, Jakarta, Selasa, 31 Januari 2012.

Wahana ini, dia melanjutkan, juga sebagai pembinaan bagi anak muda, khususnya kalangan pelajar, untuk memasyarakatkan teknologi tinggi. Tak hanya itu, wahana ini diharapkan akan membina para pelajar secara rutin melakukan pelatihan robotik, sehingga dapat mengikuti even robot internasional.

Ke depan, dia menambahkan, PP Iptek akan didesain berbasis robotik. Salah satu upayanya yakni membuat sanggar robotik yang merupakan wadah untuk pelatihan secara intensif dalam pembuatan robot.

"Bukan sekadar merakit, tapi tahu fungsi-fungsi robot dan membuatnya. Selama ini merakit, kami ingin membuat dan merancang dari anak bangsa," tambahnya.

Ini juga upaya untuk mengedukasi masyarakat bahwa membuat robot itu mudah. "Buatnya dengan alat elektronik yang biasa dipakai. Menyatukan komponennya saja yang belum bisa dan yang membedakan dengan robot luar adalah sensornya," ucap Sukro Muhab.

Empat dari lima robot yang kini berada di wahana robotik didatangkan dari Korea dan Prancis. Meski robot dari luar, Sukro menjelaskan bahwa robot tersebut hanya dipakai untuk modelling dan akan dipelajari.

Untuk membangun pusat Iptek berbasis robotik, PP Iptek TMII telah merencanakan kerja sama dengan membuat galeri berbasis robotik dengan TNI Angkatan Darat. Selain itu, nuansa robotik terwakili dalam 50 permainan.

Pihaknya juga akan menambah galeri Jurassic Park dan Dinosaurus serta galeri influensa dengan berbasis bantuan alat robot. Ide tersebut, menurut dia, sesuai dengan kampanye PP Iptek yang mencitakan suasana belajar yang menyenangkan dengan sains.

Mungkin udah banyak yang tau atau pernah baca artikel ini, maklum bukan reporter jadi cuma bisa duplikat dari beberapa sumber aja.. hhe, jangan diliat dari situ, lihatlah dari niatan membagi informasinya. Mungkin sekian dulu dari saya, semoga ada manfaatnya, akhir kata Wassalamualaikum..

Sumber:Vivanews, Wikipedia
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar