Sabtu, 11 Mei 2013

Assalamualaikum, hai temen sharing.. ketemu lagi di blog saya tentunya, nah di kesempatan sharing kali ini saya akan share mengenai makanan, wahhh.. udah lama juga nih kaga posting tentang makanan, hhaha.. *yaiyalah orang baru satu kali :D, kembali ke topik utama, yosh makanan yang akan saya share adalah Kroket. Nah buat yang sering nonton Anime Jepang pastinya udah pada tau dong Kroket itu makanan yang kaya gimana? ada yang belum tau? penasaran? mending langsung aja kali ya.. selamat membaca :)

Apa sih Kroket itu?
Kroket adalah nama sebuah makanan yang dipungut dari bangsa Belanda di Indonesia tetapi diambil dari Perancis. Di Belanda, kroket adalah sebuah makanan yang terdiri dari ragout yang dilapisi dengan putih telur dan tepung panir lalu digoreng. Di Indonesia, biasanya kroket adalah gumpalan pure kentang berisi daging cincang yang dibumbui dan dicampur dengan sayuran seperti wortel atau buncis. Kroket dilumuri kocokan telur dan tepung panir sebelum digoreng di dalam minyak goreng yang banyak.

Kroket di Jepang
Kroket di Jepang dikenal dengan sebutan Korokke, adalah makanan ringan yang populer, dan banyak dijual di pasar swalayan dan toko daging. Korokke dibuat dari kentang, dan umumnya berbentuk agak pipih. Isi kroket bisa bermacam-macam, mulai dari sayur-sayuran, daging sapi, babi, atau campuran daging babi dan sapi (aibiki). Selain itu, kroket berisi ragut daging kepiting (disebut kani korokke) dan udang juga populer. Menchi katsu (minced cutlet) adalah sebutan untuk daging cincang yang dibalut tepung panir dan digoreng. Menchi katsu tidak dibuat dari kentang, dan bila tidak dinyatakan sebagai daging sapi, maka daging yang dipakai adalah campuran daging sapi dan babi.

*sekedar info, nah buat temen-temen yang Muslim jangan coba campurin daging babi ya, :D, dan dibawah ini adalah bonus..

Resep Poteto korokke (Kroket Kentang)
Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)
・3-4 kentang (kira-kira 500 gram)
・½ bawang bombay (kira-kira 120 gram)
・1 sendok teh minyak sayur untuk menggoreng bawang bombay (5 mililiter)
・Garam dan merica untuk perasa
・Minyak sayur untuk menggoreng kroket kentang

Untuk melapisi kulitnya
・Tepung terigu secukupnya
・1 butir telur
・1 sendok makan air (15 mililiter)
・Kira-kira 1 gelas tepung panir

Cara Memasak
1. Kupas dan potong-potong kentang berbentuk dadu berukuran 3 sentimeter. Kemudian rebus di atas api kecil selama 15-20 menit sampai empuk.
2. Cincang halus bawang bombay lalu goreng dengan 1 sendok teh minyak sampai sedikit berubah warna. Bumbui dengan garam dan merica.
3. Tiriskan kentang dan haluskan di dalam mangkuk. Beri garam dan merica, lalu masukkan bawang bombay yang sudah digoreng tadi. Aduk rata.
4. Bagi adonan menjadi 8 porsi selagi masih agak panas. Masing-masing bagian adonan lalu dibentuk lonjong pipih dengan ketebalan kira-kira 1 sentimeter. Lumurkan pada tepung terigu, telur kocok yang telah ditambah air kemudian tepung panir.
5. Panaskan minyak hingga kira-kira 175°Celsius dan goreng selama sekitar 1 menit.

Nahh.. mungkin cukup sekian dulu nih dari saya, lumayanlah bagi-bagi info dikit, apalagi ditambah resep untuk bikinnya juga, hhehe.. oke dah, kurang lebihnya saya mohon maap, semoga bermanfaat, Wassalamualaikum..

Sumber, sumber

3 komentar:

  1. bagus gan. keep work!, izin copas utk tugas ya gan (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhehe.. yo, monggo2, makasi sudah mampir di blog saya :)

      Hapus
  2. waah resepnya sedehana...bagus deh, ternyata gak selalu harus pakai daging cincang ya....

    BalasHapus