Senin, 06 Mei 2013

Assalamualaikum, wahh.. kayanya udah lama juga nih ga bagi-bagi catetan sekolah, hhehe.. oke deh di kesempatan ini saya akan coba share sedikit mengenai pelajaran IPA, khususnya biologi. Yosh, kali ini yang akan dibahas adalah mengenai Ekologi, langsung aja..


Kehidupan semua jenis makhlik hidup yang saling mempengaruhi dan berinteraksi dengan alam, membentuk suatu kesatuan yang disebut Ekosistem. Cabang biologi yang mempelajari Ekosistem adalah Ekologi.
Menurut Ernest Heackel (1834-1914) Ekologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Oikos yang artinya Rumah dan Logos yang artinya Ilmu. Dua kata tersebut diartikan sebagai Ilmu yang mempelajari interaksi yang terjadi diantara makhluk hidup dan lingkungannya.
Para ahli Ekologi mempelajari makhluk hidup dalam enam herarki kehidupan, mulai dari Individu, Populasi, Komunitas, Ekosistem, Bioma dan Biosfer.

Individu
Individu merupakan suatu makhluk hidup dari spesies tertentu, misalnya seperti seekor Rusa.

Populasi
Merupakan sekelompok makhluk hidup terdiri dari individu-individu suatu spesies yang mendiami suatu wilayah tertentu (Habitat) pada waktu yang sama, misalnya populasi pohon kelapa di kelurahan Tegakan pada tahun 1989 berjumlah 2552.

Komunitas
Merupakan kelompok makhluk hidup terdiri dari berbagai populasi yang berinteraksi sesamanya pada suatu tempat dan waktu tertentu, misalnya sutu komunitas sawah terdapat terdapat populasi padi, rumput, burung, ikan dan katak.

Ekosistem
Adalah komunitas (Faktor Biotik) dan lingkungan fisiknya ( Faktor Abiotik) tang berinteraksi, misalnya suatu ekosistem sawah yang dihuni oleh beberapa populasi organisme dan berinteraksi dengan seluruh faktor abiotiknya (air, tanah, cahaya dan iklim).

Bioma (Ekosistem Klimaks)
Merupakan ekosistem dalam sekala besar yang melibatkan iklim akibat perbedaan letak geogafis, misalnya bioma hutan hujan tropis, sabana, gurun, kutub es, hutan konifer dan tundra.

Biosfer
Merupakan seluruh bagian bumi yang dihuni oleh organisme.

Ekosistem merupakan suatu sistem yang melibatkan interaksi seluruh makhluk hidup dan lingkungan tidak hidup. Ekosistem dalam area kecil dapat berupa akuarium hingga berarea luas seperti danau atau hutan.
Ekosistem disusun oleh komponen/lingkungan abiotik dan biotik. Lingkungan abiotik merupakan lingkungan yang terdiri dari benda atau makhluk yang tidak hidup, sedangkan lingkungan biotik adalah lingkungan yang terdiri dari bagian hidup (Komponen biologi) dari suatu ekosistem.

Mungkin sekian dulu dari saya, Insyaallah kalo ada kesempatan bakalan saya lanjutkan lagi di posting berikutnya. Saya berharap tulisan diatas bisa memberi manfaat buat kita semua, baiklah akhir kata Wassalamualaikum..
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar