Jumat, 08 Februari 2013

Assalamualaikum, Alhamdulillah masih dikasih kesempatan buat share pengalaman disini. Siapa yang ga suka kalo disuruh ngerjain tugas? hayoo ngaku.. :D. Sebenernya Guru kita tuh baik ngsih kita tugas, supaya apa? supaya pas sampe dirumah kita punya kemauan untuk ngulang lagi pelajaran yang udah dibahas disekolah. Kalo ngga' dikasih tugas kan kita jadi ngga' mikirin buat buka buku lagi pas udah sampe dirumah hhehe.. Nahh.. kali ini saya coba buat share tugas sekolah saya, tugas ini berkaitan dengan Internet. Sesuai judulnya 5W + 2H tentang Internet, mungkin langsung aja..

Hari gini siapa sih yang nggak tau Internet? Di era seperti sekarang ini Internet sudah menjadi sesuatu yang tidak asing lagi. Mulai dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa, dari pelajar sampai pebisnis, hampir semua bisa menggunakan Internet. Tapi bagaimana jika mereka diberi pertanyaan tentang Internet? Ketika ditanya mengenai Internet pasti setiap orang mempunyai pendapat dan jawaban yang berbeda-beda. Nah, dibawah ini adalah jawaban versi saya dari beberapa pertanyaan mengenai Internet.

W yang pertama, What?
Apa sih Internet itu? Internet adalah serangkaian jaringan komputer yang menjangkau wilayah luas (global/mendunia). Mungkin akan banyak sekali jika harus membahas teori-teori seputar jaringan komputer satu-persatu, namun disini saya memiliki kesimpulan demikian karena saya merasa dengan Internet kita dapat menjangkau dunia. Saat ini hampir seluruh manusia di dunia menggunakan Internet, bayangkan berapa banyak komputer yang saling terhubung dengan adanya Internet tersebut.

W yang kedua, Where?
Dimana kita dapat mengakses Internet? Secara umum kita dapat mengakses Internet di warung-warung Internet yang sekarang ini sudah banyak sekali jumlahnya. Seiring perkembangan zaman, sekarang untuk mengakses Internet kita tidak perlu bersusah payah mencari warung Internet atau cafe-cafe yang menyediakan jaringan Wi-fi. Dimanapun selama kita memiliki perangkat untuk terhubung dengan Internet, kita dapat berinternet ria sesuka kita.

W yang ketiga, Why?
Kenapa sih harus Internet? Karena Internet merupakan tempat dimana kita bisa menemukan informasi apapun yang kita inginkan dan yang kita butuhkan. Mulai dari materi pembelajaran, artikel-artikel, berita dan berbagai informasi lainnya.  Selain itu sekarang ini sudah banyak media sosial seperti Facebook dan Twitter yang dapat kita manfaatkan untuk berinteraksi dengan orang-orang yang kita kenal tanpa harus tatap muka. Dengan akses data yang sangat cepat, maka tidak diragukan lagi bahwa Internet sudah menjadi suatu kebutuhan bagi Manusia di seluruh belahan dunia.

W yang keempat, When?
Kapan aja sih kita membutuhkan Internet? Kebutuhan akan Internet untuk setiap orang pasti akan berbeda-beda, tegantug dari seseorang itu sendiri. Seorang Pelajar sangat membutuhkan Internet saat Ia mendapat tugas dari gurunya disekolah, lain lagi dengan seorang pebisnis yang setiap saat membutuhkan Internet untuk mencari berbagai informasi seputar bisnisnya. Ada kalanya dimana kita sangat membutuhkan Internet dan ada saatnya juga dimana kita tidak terlalu membutuhkan Internet, jadi manfaatkanlah Internet semaksimal mungkin dan sesuai dengan keperluan.

W yang kelima, Who?
Siapa saja yang dapat mengakses Internet? Seperti yang sudah diceritakan pada awal paragraf bahwa siapa saja boleh menggunakan Internet. Mulai dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa, dari pelajar sampai pebisnis dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi perlu diingat bahwa informasi dan konten-konten di Internet sangat beragam jadi dibutuhkan pengawasan dan bimbingan tersendiri untuk anak-anak dibawah umur yang akan menggunakan Internet.

Tambahan H yang pertama, How?
Terus gimana caranya supaya bisa terhubung ke Internet? Untuk dapat terhubung dengan Internet dibutuhkan beberapa perangkat/device sebagai media penghubung. Pertama adalah perangkat dengan sistem operasi, misalnya komputer atau Handphone. Sistem operasi diperlukan selain sebagai antarmuka juga sebagai pengatur/kontrol selama kita terhubung ke Internet. Kedua, perangkat yang bisa mengirim dan menerima data yang dikenal dengan sebutan Modem. Secara garis besar modem terbagi menjadi 2 tipe yaitu Internal dan Eksternal dan yang saat ini sedang booming adalah USB Modem. Mungkin karena mudah digunakan dan bisa dibawa kemanapun kita pergi, si USB Modem ini menjadi pilihan dari kebanyakan orang.

H yang kedua, How Much?
Berapa besar sih biaya yang dibutuhkan? Sekarang ini biaya untuk terhubung dengan Internet sudah mulai terjangkau. Dengan Rp. 5000,- saja sudah bisa Internetan selama 2 jam di warung Internet, cukup murah untuk kalangan Pelajar. Bagi pengguna USB Modem biasanya mereka lebih suka membeli paket Unlimited bulanan mulai dari Rp. 50.000,- perbulan. Dengan kecepatan akses yang lumayan tentunya sebanding dengan apa yang kita keluarkan. Untuk koneksi yang lebih cepat kita bisa memasang TV kabel, Saluran telepon dan layanan Broadband dengan biaya bulanan yang tentunya lebih besar.

Demikian analisa saya mengenai 5W + 2H tentang Internet, bila ada salah dan kurangnya mohon dimaafkan. Semiga tulisan ini bisa memberikan manfaat, akhir kata sekian dan terimakasih, Wassalamualaikum..

Categories:

2 komentar:

  1. Balasan
    1. whaha, ini memang tugas Ane yang sengaja di share dimari Gan, ya.. mudah-mudahan bermanfaat dah. Makasih dah mampir, salam kenal :D

      Hapus