Senin, 28 November 2011

Assalamualaikum.wr.wb.

Sebelumya salam kenal dari saya Sela Septian Nugroho. Sekarang ini saya masih bersekolah di sebuah SMK, Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Melalui Postingan ini, Saya bermaksud untuk membagi sedikit dari apa yang sudah saya pelajari, baiklah langsung saja...

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.




Ada 21 kurikulum dalam rekayasa perangkat lunak, mungkin jika harus mengahafal satu persatu kita bakal repot juga, jadi saya akan mamberi tahu cara mudah untuk mengingatnya. Bagaimana caranya?
Cukup mudah, yaitu hanya dengan mengaplikasikanya ke dalam 5 jari di tangan kita. Ok, mari kita bahas satu - persatu...


Jari pertama Ibu Jari, jari ini merupakan jari paling terpenting diantara kelima jari kita. Sama halnya dengan Hardware pada komputer. tanpa Hardware, program-program yang ada dalam PC tidak mungkin bisa kita jalankan. Oleh sebab itu Ibu jari ini di ibaratkan Hardware.

Hardware adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Jari kedua, yaitu Jari Telunjuk, sesuai namanya tentu kita semua tau apa kegunaan jari ini. Ya, jari ini biasa digunakan untuk menunjuk apapun yang ingin kita tunjuk. Di zaman sekarang yang serba praktis ini, kebanyakan orang  menginginkan segala informasi secara cepat dan lengkap. Dimanakah informasi seperti itu bisa kita dapatkan? Tentu dengan cepat kita akan menjawab internet sambil menunjuk ke arah warnet terdekat. Nah dari sinilah dapat kita simpulkan jari ini sebagai Web programming.

Jari ketiga yaitu Jari Tengah, wah kalau sudah bicara soal jari ini sih, pasti kita berfikir dan mengingat masa-masa sekolah. Layaknya anak yang masih labil kita terkadang bercanda sambil mengacung-acungkan jari tengah kita, dan tak lama kemudian datang teman kita dengan wajah kesal menghampiri, lalu berkata “ngajak ribut lo...” . Sesuai hal tersebut jari ini di ibaratkan sebagai Visual programming. Karena jari tengah ini di anggap tanda isyarat, bahwa kita menantang seseorang untuk berkelahi.

Jari keempat yaitu Jari Manis, sesuai namanya pasti kita tau jari ini di gunakan sebagai media meletakan janji manis seumur hidup bersama pasangan kita (cicin pernikahan). Kata manis juga identik dengan gula, dan kita tau bahwa gula sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita, karena merupakan sumber energi, baik pada minuman ataupun makanan.Sama halnya seperti Java programming. Program aplikasi Java bisa di jalankan di berbagai jenis media, baik ponsel maupun PC.

Jari yang kelima Jari Kelingking, Jari ini merupakan jari yang kita tau sendiri kegunaanya. Kebanyakan orang mengunakan jari ini untuk membersihkan kotoran yang terdapat pada lubang hidung (ngupil). Ya walaupun terkesan jorok tapi memang inilah filosofi jari tersebut. Sama halnya dengan Jaringan/Networking, prinsip jari ini saat berada di dalam lubang hidung kita, Menjangkau hampir sluruh area. Karena Hal inilah jari Kelingking ini di ibaratkan Jaringan/Networking.

Mungkin sekedar mengingatkan, bahwa bukanlah orang cerdas yang akan Berhasil. Tetapi orang yang mau berusaha untuk menjadi lebih baik dan memiliki Attitude yang baik juga. Karena persentase keberhasilan seseorang 80% di tentukan oleh Attitude sedangkan 20% sisanya adalah Skill dan Knowledge.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat, Kurang lebihnya saya mohon maaf, Wassalamualaikum...
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar